Senin, 29 Oktober 2007

Bagian dan Fungsi Otak..


Penemuan penting di dalam sejarah otak adalah kesadaran kita bahwa berbagai bagian otak mengendalikan fungsi yang berbeda-beda. Bagian-bagian otak adalah

Batang Otak, mengendalikan fungsi-fungsi penyangga kehidupan dasar misalnya pernapasan dan laju denyut jantung. Mengontrol tingkat kesiagaan. Menyiagakan anda terhadap informasi sensorik yang masuk. Mengendalikan suhu. Mengendalikan proses pencernaan. Menyampaikan informasi dari serebelum.

Serebelum atau otak kecil atau otak belakang, mengendalikan gerakan tubuh dalam ruang dan menyimpan ingatan untuk respon-respon dasar yang dipelajari.

Sistem Limbik atau otak tengah, yang posisinya sedikit lebih ke depan dan terdiri atas Talamus dan Ganglia Basal atau otak tengah. Sistem Limbik penting bagi pembelajaran dan ingatan jangka pendek tetapi juga menjaga homeostatis di dalam tubuh (tekanan darah, suhu tubuh dan kadar gula darah). Terlibat dalam emosi ketahanan hidup dari hasrat seksual atau perlindungan diri.
Menurut ilmuwan Robert Ornstein "suatu cara untuk mengingat fungsi sistem limbik adalah empat F, yang penting untuk kelangsungan hidup : Feeding (memberi makan), Fighting (berkelahi), Fleeing (melarikan diri), dan reproduksi sosial (F yang satu ini tidak disebutkan oleh sang pengarang buku.. kenapa ya.. :p).

Sistem Limbik mengandung Hipotalamus, yang sering dianggap sebagian bagian terpenting dari 'otak mamalia'. Hipotalamus meskipun kecil (besarnya hanya sepatuh gula kotak) dan beratnya hanya empat gram, hipotalamus mengatur hormon, hasrat seksual, emosi, makan, minum, suhu tubuh, keseimbangan kimiawi, tidur dan bangun, sekaligus mengatur kelenjar utama dari otak (kelenjar pituitari). Hipotalamus adalah bagian otak yang memutuskan mana yang perlu mendapat perhatian dan mana yang tidak, misalnya kapan kita lapar.

Serebum atau korteks serebral, membungkus seluruh otak dan posisinya berada di depan. Serebum adalah karya besar evolusi alam dan bertanggung jawab atas berbagai keterampilan termasuk ingatan, komunikasi, pembuatan keputusan dan kreativitas. Fungsi : pengaturan, ingatan, pemahaman, komunikasi, kreativitas, pembuatan keputusan, mind mapping, bicara, musik. Serebum dibungkus oleh suatu lapisan berkerut-kerut berupa sel-sel saraf setebal seperdelapan inci yang amat sangat menakjubkan, yang dikenal sebagai korteks serebral. Sifat kortekslah yang merumuskan kita sebagai manusia.

Area terpenting otak yang perlu dipahami dalam mengenali kekuatan otak adalah serebrum atau yang sering disebut 'otak kiri dan kanan'.

Serebum membagi tugas ke dalam dua kategori utama yaitu tugas otak kanan dan otak kiri.
tugas otak kanan antara lain irama, kesadaran ruang, imajinasi, melamun, warna, dimensi dan tugas tugas yang membutuhkan kesadaran holistik atau gambaran keseluruhan. Tugas otak kiri antara lain kata-kata, logika, angka, urutan, daftar dan analisis.

Istilah-istilah populer yang memayungi kegiatan belahan otak kiri adalah
- Akademik
- Intelektual
- Bisnis

Belahan otak kanan :
- Artistik
- Kreatif
- Naluriah

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kekuatan dan kelemahan yang berkelanjutan dari keterampilan kortikal setiap orang lebih merupakan fungsi kebiasaan daripada desain dasar otak. Bila seseorang memiliki kelemahan pada area tertentu, kemudian dilatih maka keterampilan dan kekuatan orang tersebut di area-area lain ikut menguat. Misalnya A lemah dalam keterampilan menggambar dilatih menggambar dan melukis, maka kinerja akademisnya akan meningkat secara keseluruhan, terutama pada bidang-bidang seperti geometri dimana persepsi dan imajinasi berperan penting.

Contoh lain adalah keterampilan yang dimiliki otak kanan yaitu melamun yang sangat penting bagi ketahanan hidup otak. Melamun memberi istirahat yang sangat diperlukan kepada bagian-bagian otak yang melakukan pekerjaan analitis dan pengulangan, melatih pemikiran proyektif dan imajinatif dan memberi kita kesempatan untuk mengintehrasikan dan mencipta. Kebanyakan jenisu besar menggunakan lamunan yang diarahkan untuk membantu mereka memecahkan masalah, menghasilkan ide dan mencapai tujuan.

Bila anda hanya mengandalkan salah satu sisi otak dan melalaikan sisi lainnya, anda mengurangi potensi keseluruhan otak secara drastis.

kutipan dari "Buku Pintar MIND MAP" by Tony Buzan...

19 komentar:

Anonim mengatakan...

Gud...gud...guuuuuu.......d!!!!!

Anonim mengatakan...

Terimakasih
Baguuz
tak copas ya :)

ruzi mengatakan...

thanks ya????


makasih banyak dech....

YURITO mengatakan...

ada ga sih yang tahu di indonesia siapa sih yang tipenya otak kiri dan kanan. bagi infonya ya. thanks.
"Dezzakiey"

Alexandra mengatakan...

thanks banget artikelnya, q ambil bwad tugas yaa..

tengkyu..

Anonim mengatakan...

terimakasih artikelnya mendukung hasil analisa sidik jari

Gwan Hok mengatakan...

Hi!Lam kenal Good artikel...minta pendapat donk ttg pelatihan di http://gmc-geniusmind.blogspot.com/2009/06/midbrain-activation-course.html
Bagus ga buat perkembangan akademis anak?Atau cuman sekedar mempunyai keahlian tertentu seperti pesulap?Please email ke gatotsucipto@yahoo.com .THX ya...

arfgan mengatakan...

waw...
artikelnya bagus

"Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kekuatan dan kelemahan yang berkelanjutan dari keterampilan kortikal setiap orang lebih merupakan fungsi kebiasaan daripada desain dasar otak. Bila seseorang memiliki kelemahan pada area tertentu, kemudian dilatih maka keterampilan dan kekuatan orang tersebut di area-area lain ikut menguat. Misalnya A lemah dalam keterampilan menggambar dilatih menggambar dan melukis, maka kinerja akademisnya akan meningkat secara keseluruhan, terutama pada bidang-bidang seperti geometri dimana persepsi dan imajinasi berperan penting."

maksudnya kreatifitas kan kanan
sedangkan kinerja akademis kiri
jadi klo kita latih otak kiri
otak kanan kita juga ikut terlatih yha?

Darriel's Mams mengatakan...

thanks ya..artikelnya ngbantu bgt bwt nambahin teori penelitian-q..

Back4You mengatakan...

saya ucapkan terima kasih kepada webmaster blog ini atas infonya...
Saya mohon izin untuk re post artikel ini...
Tetapi tenang saja, saya akan kasih backlink ke situs ini...

Salam kenal...
By : Back4You

Bilova mengatakan...

salam kenal...numpang kopas y..thx bgt artikelnya...:D

Anonim mengatakan...

bagus artikelnya,
boleh sy share kan ke FB agar yg lain tambah wawasan ya...

yoanna mengatakan...

wahh... makasih banyak. sekarang saya jadi tau ,ternyata para jenius juga suka melamun..
hehehehehe....:p

Anonim mengatakan...

artikelnya bagus
klo bisa dikasi contoh tokoh 2 indonesia dan bukti kemampuan otaknya ..
soo bisa membantu kita dalam peran mengaktifkan semua fungsi otak


thx s m

i and my dreams mengatakan...

thanks for information.
it's good article. <3

shellalapoh:D mengatakan...

bagus :)
maksi yah

Anonim mengatakan...

Makasi infonya ya..

zul mengatakan...

kekuatan dan kelemahan otak adalah satu paket.fokuskan pendidikan pada kekuatan biarkan kelemahan berkembang secara alami

L Triebhuana mengatakan...

thanks infonya...