Selasa, 13 November 2007

HRD...

Beberapa hari terakhir ini seakan ga ada waktu buat nyentuh blogs ini.. Bahkan untuk sekedar berkeluh kesah pun kayanya udah ga ada waktu.. Kesibukan yang seakan tiba-tiba datang dan ga brenti-brenti ditambah komputer di rumah yang rusak, ngebuat gua jauh dari jurnal kesayangan gua ini..

Udah 3 minggu sejak si bos bilang gua akan dijadikan HRD.. Tiba-tiba hidup gua berubah drastis.. Harus belajar hal baru yang sama sekali belum pernah gua sentuh.. HRD hmm, ternyata ga semudah yang selama ini gua liat.. dulu gua pikir.. Ya HRD mah ngurusin urusan sumber daya manusia gitu deh.. dari rekrut orang trus pelatihan, ngatur-ngatur orang, ngurus absen, gaji, sama mecat orang..

Dari senior gua yang udah mengundurkan diri, gua cuman dapet sekilas kulit tentang HRD, pas dia nerangin ke gua apa itu HRD dan apa itu personalia.. Walhasil gua harus baca banyak buku, artikel dan semua apapun yang berhubungan dengan HRD.. dan yang lebih luas lagih tentang bagaimana sih manusia itu.. Plus gua pun harus nambah pengetahuan hukum gua tentang perburuhan dan apapun yang berkaitan dengan perusahaan.. DANNNN.. gua pun harus masih belajar semua tentang semua produk Gusto, bahan, produksi dll.. emang ga harus semahir tiap orang di bidangnya.. tapi minimal awalnya gua harus tau dulu..

Keliatannya banyak.. Tapi entah kenapa gua seneng.. Walaupun.. otak gua kayanya sedikit tergoncang dengan semua perubahan dan informasi yang masuk dengan tiba-tiba dalam jumlah yang ga biasanya.. (hehe).. Informasi dari baca-baca artikel, dari baca buku, dari ngeliat suatu hal yang baru, dari pengalaman setiap hari, dari menghadapi setiap orang di kantor dan dari semua hasil obrolan gua sama si bos..

Sekarang ini gua harus belajar menata otak gua supaya semua informasi yang gua terima stay di otak gua dan ngalir keluar ikut ke sapu sama cotton bud pas ngebersihin kuping..

Dan setelah gua mulai belajar satu persatu, ternyata semakin banyak gua tau, gua semakin sadar kalo ternyata gua ga tau apa-apa.. dan sampai detik ini pun gua ngerasa ga puas dengan semua yang udah gua pelajarin.. Positifnya sih, gua jadi pengen terus belajar dan merasa ga puas dengan semua yang gua punya, tapi negatifnya kadang gua sampai lupa dengan kehidupan pribadi gua sendiri.. bonyok gua, adik-adik gua dan pet gua di rumah..

Kegiatan awal gua sejak si bos bilang soal gua jadi HRD adalah nyelesaiin urusan bikin modul.. lalu disusul harus wawancara pelamar admin dan operator mesin.. awalnya gua sedikit takut.. dengan semua informasi tentang rekrutmen yang gua dapet dari hasil browsing.. akhirnya semuanya bisa terlewati.. walau gua akui.. di beberapa hal gua masih sangat kurang.. tapi ya lumayan bisa lah.. urusan wawancara selesai, ketika sedang milah-milah pelamar, mana yang akan diajukan ke bos.. eh ternyata beberapa mahasiswa ingin Kerja Praktek (KP) di Gusto.. Hmm.. Ngurus jadwal deh.. koordinasi dengan para mahasiswa.. Bos pun langsung kasih jadwal dan materi untuk para mahasiswa KP.. So pasti gua harus baca-baca lagih modul awal tentang produk gusto..

Belum selesai.. Bos harus ke Jakarta selama 2 hari.. Gua diserahin mengatur semua kerjaan di kantor.. karena ada banyak kerjaan banget yang deadlinenya bareng dan jumlahnya banyak banget..

Huhuhu... seru seru.. dan mandi keringat..
Semua yang awalnya keliatan bakal berat, ternyata kalo kita jalanin dengan niat dan melihat segalanya bukan sebagai beban, hasilnya akan memuaskan.. (walau gua masih belon puas juga..)

2 hari ditinggal bos ke jkt.. gua belajar beberapa hal.. ngatur orang tuh ga gampang.. yang pengeluh lah, yang ga mau disalahin lah, yang maunya santai lah dll.. Selain itu ngatur kerjaan dengan deadline sempit pun ga gampang.. kerjaan harus dipilah-pilah dulu.. Emang sih itu bukan tugas gua.. Itu tugas sang manajer produksi, tapi sementara beliau beradaptasi dengan semua pekerjaan yang ada.. ya gua bantu-bantu ajah.. Dan satu hal yang pasti.. gua ga mau dia terpengaruh dengan omongan orang-orang yang mau cari enaknya sendiri.. (tapi sih kayanya ga mungkin.. hehe..)

Sekitar 15 menit yang lalu gua mastiin lagih ke bos.. apakah gua sudah benar-benar jadi HRD atau masih mencoba untuk posisi HRD.. dan dia bilang gua sekarang sudah HRD..

Hmm.. tanggungjawab gua makin gede dah..
Beruntunglah gua punya hobi baca..
Ya semoga gua bisa ngejalanin semuanya dengan baik.. Amin..

1 komentar:

sandi mengatakan...

bagi ilmunya dong mbak..
aku baru terjun kedunia HRD ni,, masih gak tau apa-apa
gak punya pengalaman pula
hihhiii :P