Minggu, 13 April 2008

LATIHAN PENINGKATAN MOTIVASI DIRI

Kebetulan topik yang sedang gencar ada di kepala saya seminggu terakhir ini adalah mengenai Manajemen Kinerja.. Untuk memantapkan pengetahuan saya mengenai Manajemen Kinerja.. Sebuah buku mengenai Evaluasi Kinerja SDM karangan DR. A.A Anwar Prabu Mangkunegara, MSi. yang saya sudah beli dari awal Februari, saya baca kembali.. Di sela-sela pembacan teori-teori tersebut, ada sebuah latihan mengenai Peningkatan Motivasi diri.. Saya pikir tak ada salahnya untuk membagikan tes yang saya nilai lumayan bagus tersebut.. Karena melihat Judul bukunya.. pasti tak akan banyak orang yang membacanya..

Beginilah tes nya..

LATIHAN PENINGKATAN MOTIVASI DIRI
ANALISIS PRIBADI

Bayangkan diri anda pada masa depan, yaitu pada lima tahun yang akan dating. Berapa usia anda pada saat itu? Bagaimana kehidupan anda pada saatt itu? Perubahan-perubahan apa yang kelak akan terjadi pada pribadi anda, lingkungan keluarga dan karir anda pada saat itu? Tentu saja proyeksi ini hanya khayalan saja, tetapi berusahalah se-realistis dan se-objektif mungkin.

Dalam melengkapi proyeksi ini, anda akan diganggu oleh pertanyaan-pertanyaan yang setiap kali akan kembali.

Apakah saya akan menggambarkan masa depan saya seperti yang saya inginkan?
atau
Apakah saya akan menggambarkan masa depan saya seperti apa yang benar-benar saya pikir akan terjadi?

Anda mungkin akan membiarkan kedua factor tersebut di atas terjalin ke dalam jawaban-jawaban anda. Keputusan semacam ini adalah wajar dan yang dikehendaki. Proyeksi ini adalah untuk kepentingan anda.

1. Lima tahun yang akan datang umur saya ?

2. Jabatan saya pada saat itu adalah (sebutkan spesifikasi tertentu)

3. Tanggung jawab saya yang utama pada tahun itu adalah

4. Pada tahun itu, gaji / penghasilan saya per tahun (atau penghasilan keluarga ) adalah

5. Milik saya pribadi yang paling penting / berarti pada tahun ini adalah

6. Tanggung jawab saya terhadap keluarga pada tahun ini adalah

7. Dari pengalaman-pengalaman saya beberapa tahun terakhir ini, yang paling menyenangkan bagi adalah

8. Dari pengalaman-pengalaman saya beberapa tahun terakhir ini, yang telah memberikan rasa keberhasilan pada saya adalah

9. Dalam beberapa tahun terakhir, kejadian-kejadian dramatis (hebat) yang menarik perhatian saya terjadi pada bidang pekerjaan dan / atau dalam masyarakat. Di bawah ini adalah ringkasan secara garis besar, termasuk uraian mengenai bagaimana saya terlibat dalam peristiwa itu.

10. Pelajarilah / lihatlah kembali proyeksi anda lima tahun yang akan datang. Buatlah ringkasan dari bagian-bagian yang menjadikan anda bersedia memberitahukan kepada orang lain dalam suatu diskusi. Cobalah menulis catatan-catatan ringkas di bawah ini, agar anda dapat menjelaskan proyeksi anda pada kelompok kecil dalam waktu lima menit.

1 komentar:

Phota-Photo mengatakan...

aku bingung dengan apa yang akan terjadi nanti kira2 5thn lagi, untuk seminggu kedepan saja aku tak tau apa yang terjadi, mohon pencerahan, thanks

photaphoto@yahoo.com