Sabtu, 21 April 2012

Ya udah..

Kadang gw suka heran dengan orang yang bisa nyantai banget dalam hal nyetir.. Mungkin bukan nyantai kata-kata tepatnya.. tapi tenang..

Ketemu angkot yang nyebelin, motor yang ga jelas, becak yang ngelawan arah, macet dll.. Mereka kayanya tenang-tenang aja dan santai dalam ngadepin semua itu..

Kadang memang suka sekali-kali pencet klakson atau hanya sekedar memberi komentar dan geleng-geleng sama kelakuan pengguna jalan yang ajaib.. Tapi setelah itu ya udah..

Sedangkan kalo gw.. klakson panjang, umpatan, trus langsung berencana balas dendam.. Gw pepet kek, kalo ga gw plototin.. pokoknya negatif banget deh..

Source: 9GAG

Setelah dipikir-pikir.. Ini kali ya yang namanya sabar..
Dan kebetulan hal tentang nyetir ini juga sempat di mention di Buku Happiness Inside yang lagi gw baca..

Mungkin orang-orang yang bisa santai dalam hal nyetir ini, tidak secara sengaja bersabar ketika sedang nyetir.. tetapi cara mereka menghadapi para pengguna jalan lah yang berbeda..

Ya, mungkin mereka sama terganggunya sama gw..
Tapi mereka tidak melihat hal itu sebagai masalah..
Mungkin setelah hanya memencet klakson ata geleng-geleng kepala..
Dan..
Ya udah..
Lalu mereka melanjutkan nyetir lagi..

Tidak ada pikiran negatif untuk balas dendam atau (ekstrimnya) menyumpahin biar celaka dll.. Yang mereka hanya bereaksi dan.. ya udah.. selesai..

Bener juga sih, kadang kalo reaksi kita berlanjut dengan marah.. Dan kemudian malah merusak mood, menambah stress.. Yang rugi adalah kita sendiri..

Pengguna jalan yang ngaco itu ya tetap saja bakal seperti itu.. Macet ya tetap macet.. Ga akan ada perubahan.. Yang berubah adalah mood kita.. Yang rugi atau disakiti ya kita sendiri..

Setelah diingat-ingat.. Bener juga.. Beberapa kali gw ngerusak mood gw hanya gara-gara ketemu pengguna jalanyang seenaknya.. Mood tersebut terbawa ke kampus.. Karena masih kesel, jadi kesel ke teman.. Kesel ke teman, dibawa ke rumah.. Ketemu pacar masih dalam kesel.. Hasilnya jadi Bad Day banget..

Akhirnya gw coba mempraktekkan cara "ya udah.." ini..
Kalo ada yang minta jalan, kalo masih memungkinkan, ya dikasih.. Toh, ga bikin gw makin cepet juga.. Ya udah..
Ketemu motor seenaknya, tarik napas atau sekedar geleng-geleng.. dan.. Ya udah..
Ketemu macet, ya udah alihkan perhatian ke yang lain.. Ngoprek radio atau apapun yang tidak ganggu nyetir..

Hasilnya lumayan..
Jauh dari lumayan sebenernya..
Jauh lebih tenang..

Kadang kesel di suatu tempat (masih harus dipelajari cara ngatasinnya)..
trus nyetir dengan tenang..
Sampai ke tempat baru, keselnya kaya ga kebawa-bawa..

Cukup tarik napas.. atau reaksi apapun sesaat trus.. Ya udah..

Gw juga ga tau sih apa ini cara yang bener atau salah.. Tapi selama membuat gw merasa lebih tenang.. ya udah dipraktekin saja..



Tidak ada komentar: