Minggu, 23 November 2008

Kualitas pelayanan sebuah cafe..

Sabtu kemarin (22 Nov 08) gua ada acara arisan dengan anak-anak kos waktu kuliah dulu, di sebuah cafe di jalan Bagus Rangin, Bandung.. Tempatnya ga terlalu besar, suasananya juga lumayan enak buat nongkrong.. Tapi pelayanannya begituuuu menakjubkan..

Kebetulan ada 3 orang yang datang terlambat.. Gua, ayangkuw dan 1 teman yang ternyata masih sepupu ma ayangkuw.. makanya kami order di saat orderan teman-teman yang lain mulai berdatangan.. Kami bertiga order jam 8 malam.. dalam keadaan lapar & sangat haus.. Lama banget sampai minuman kami datang.. itupun datangnya bertahap..

Ngobrol-ngobrol sambil melihat-lihat pengunjung yang lain timbul pertanyaan..
"Lho kok meja sebelah pesenannya udah datang yahh?.."

Dan itu udah jam 9 malam..
Hah.. udah sejam pesanan kami belum datang.. Sedangkan 2 orang bapak-bapak yang datang setelah kami sudah siap-siap bayar..
Ketika ditanyakan mengenai pesenan kami.. si pelayan malah balik bertanya..
"Tadi pesen apa yah?"
Hah??.. apa ga ada catatan pesenan gua yang terakhir gitu?..

Sangking kesel jam 9.30, gua samperin meja kasir yang kebetulan di sebelah tempat masaknya juga..
"Ini pesenan saya udah dibuat belum? Kayanya meja yang lain udah dapet pizzanya kok pizza saya belum ya.."
Dan di jawab..
"Tadi pesen apa ya?"

again??.... pertanyaan standar disana kali yah..

Grrrrr... Dan setelah itu baru pesenan gua datang.. baru keluar dari tungku pembakaran dan itu pizza terakhir.. dan diantarkan ke meja kami tanpa kata-kata maaf..

Mungkin cafe itu tidak terlalu besar.. dan mengolah makanan emang membutuhkan waktu..
Tapi ini mah positif makanannya salah dianterrrr.. ketuker sama meja yang lain.. Dan yang hebat.. mereka bingung gua pesen apa.. Masa di kertas pesanan ga ditulis apa no mejanya.. Atau perlu dipasang foto muka orang yang pesennya kali yaaaa..

Cukup deh.. walau rasanya bisa dibilang enak.. Tapi kalo pelayanan kaya gitu.. positif gua dan teman-teman gua ga akan datang lagih ke cafe itu..

Bener-bener customer service excellent.. Make Your Customer get Wow.. Yaaaa.. "WOW LAMA BANGET BOOOO..."

1 komentar:

Unknown mengatakan...

senyuman dan kata-kata yang bijak akan dapat menghilangkan rasa kesal,sebal, dll sejenisnyalah itu yang tidak dimiliki person dari cafe tersebut.Itulah ego, yang sangat susah dihilangkan apalagi sebuah kafe...ok. thanks